Selasa, 21 Februari 2012

Tafsir Q.S. Al-Baqarah : 25

Kajian Tafsir Ibnu Katsir, 14 Feb 2012
Pemateri : K.H. Aep Saefudin SAG
Al-Baqarah ayat 25 :
وببشر الذين آمنوا وعملو الصلحت ان لهم جنت تجري من تحتها الانهارۗ كلما رزقوا منها من ثمرة الرزقاۙ قالو هذا الذي رزقنا من قبل وأتوابه متشابها ۗ ولهم فيها ازواج مطهرة وهم فيها خالدون۝
"Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, “inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi (buah-buahan yang serupa). Dan di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya."
Setelah menuturkan apa yang disediakan bagi musuh-musuh-Nya dari kalangan orang-orang yang celaka, yakni orang-orang yang kafir kepada-Nya dan kepada Rasul-Rasul-Nya, berupa siksaan dan pembalasan, maka Allah mengiringinya dengan kisah keadaan kekasih-kekasih-Nya dari kalangan orang-orang yang berbahagia, yaitu orang-orang yang beriman kepada-Nya dan kepada Rasul-Rasul-Nya. Mereka adalah orang-orang yang keimanannya dibuktikan dengan amal-amal sholehnya.
Berdasarkan pengertian inilah maka Al-Qur’an dinamakn matsaani, menurut pendapat yang paling shahih di kalangan para ulama, yang keterangannya akan dibahas dengan panjang lebar pada tempatnya. Yang disebut dengan matsani ialah hendaknya disebutkan masalah iman, kemudian diikuti dengan menyebut kekufuran atau sebaliknya. Atau perihal orang-orang yang berbahagia, lalu diiringi dengan perihal orang-orang yang celaka atau sebaliknya. Kesimpulannya ialah menyebutkan sesuatu hal, kemudian diiringi dengan lawan katanya. Adapun mengenai penyebutan sesuatu yang kemudian diiringi dengan hal yang semisal dengannya dinamakan tasyabuh (penyerupaan) seperti yang akan dijelaskan nanti, insyaa Allah.
Mengenai firman Allah Subhaanahu wa Ta’aala :
وببشر الذين آمنوا وعملو الصلحت ان لهم جنت تجري من تحتها الانهارۗ
"Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”
Surga-surga tersebut digambarkan oleh ayat ini, mengalir di bawahnya sungai-sungai, yakni di bawah pohon-pohon dan gedung-gedungnya. Di dalam sebuah hadits disebutkan bahwa sungai-sungai surga mengalir bukan pada parit-parit.

---masih dalam proses penulisan---

Dirangkum oleh : Sholihin untuk Bintang Raya
Semoga bermanfaat
 

Baca juga artikel terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sampaikan tanggapan anda di kolom komentar, terimakasih.