Kamis, 24 Mei 2012

Domain Name Exfired

Hari Rabu tanggal 23 Mei 2012 ketika saya buka blog pagi-pagi sebelum berangkat kerja, blog ”Bintang Raya” hanya terbuka sebentar kemudian langsung otomatis diarahkan ke alamat web lain, yaitu hijrah.mfrapps.com dan di bagian atasnya tertulis :

This domain name expired on May 22 2012 06:49PM
Click here to renew it.


Ketika saya klik link tersebut langsung menuju ke www.jentayu.com dan muncul halaman login :

 Saya coba login dengan alamat email tapi tidak bisa, username/email address tidak terdaftar. Saya hubungi administrator web tersebut juga tidak bisa, saya kirim email juga tertolak, failed.
Tentu saja saya agak panik karena blog yang sudah susah payah dibangun dengan memanfaatkan waktu istirahat malam hari, dan sudah familiar dengan rekan-rekan di Bintang Raya, tiba-tiba terancam akan terhapus. Jadi saya berjuang semalaman, saya coba cari referensi di internet tentang kasus yang saya alami.
Ada beberapa referensi yang membenarkan bahwa domain blog ada expire-nya dan harus di renew setiap tahun dan membayar ±10 USD, jadi ngeblog itu tidak gratis, harus menyewa domain setiap tahun 10 USD. Saya pikir tidak apalah kalau harus menyewa, toh hanya setahun sekali, daripada pekerjaan 8 bulan terhapus.
Sampai akhirnya saya menemukan referensi lain dari blogger negara tetangga tentang pengalaman yang sama, ternyata masalahnya karena ada gadget pihak ketiga, dalam kasus saya adalah Kalender Hijriah dari hijrah.mfrapps.com yang mungkin tidak gratis. Saya coba hapus gadget tersebut dan ...
Alhamdulillah, Bintang Raya sudah kembali !


 Pengalaman ini sangat berarti buat saya, mungkin saja memang ngeblog di Blogger.Com memang tidak gratis dan suatu saat harus siap-siap bayar sewa domain sebelum exfired.
 * * *
Sholihin untuk Bintang Raya
Semoga bermanfaat

Baca juga artikel terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sampaikan tanggapan anda di kolom komentar, terimakasih.