Senin, 07 Juli 2014

Khutbah Jum'ah 04 Juli 2014

Empat Penghancur Agama
Oleh : Ust. Agus Suryana

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ .َ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ٠ أللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلَّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأصْحٰبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ ٳلٰى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ٠
يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ . يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا . يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا. أَمَّابَعْدُ؛


Ringkasan Khutbah :
Syeikh Abdul Qadir Jaelani di dalam kitabnya menyebutkan bahwa ada empat hal / golongan yang menghancurkan agama, yaitu :
1.       Orang yang berilmu tetapi tidak mengamalkan ilmunya
2.       Orang yang beramal / mengerjakan amalan tanpa mengetahui ilmunya
3.       Orang yang tidak mau menuntut ilmu untuk mengetahui apa yang dia tidak ketahui
4.       Orang yang tidak menyukai orang yang mengajarkan ilmu kepadanya tentang apa yang dia tidak ketahui.


1. Orang yang berilmu tetapi tidak mengamalkan ilmunya

Banyak diantara orang-orang pandai, bahkan yang biasa disebut ustadz, kyai, atau ajengan, mereka tahu tentang ilmu agama dan kewajiban menerapkan syariat, tetapi tidak ada realisasi dalam kehidupannya sehari-hari.
Padahal Allah SWT telah berfirman,

كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ
Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan” (QS. Ash Shaff : 3).

Saat ini kita melihat dan menyaksikan di sekitar kita dan bahkan di antara kita banyak yang enggan melaksanakan sholat, puasa, dan zakat, padahal kita semua mengetahui bahwa sholat lima waktu, puasa, zakat itu wajib dan kita mengerti ilmunya. Kita tahu bahwa riba itu haram, namun hal itu tetap dipraktekkan dan dilegalkan oleh negara.
Semua pasti tahu dan paham betul bahwa korupsi dan suap menyuap itu dilarang, namun hal itu terus menerus terjadi terutama di kalangan pejabat birokrasi.
Rasulullah SAW telah mengingatkan kita semua dengan sabdanya:

لَعْنَةُ اللهِ عَلَى الرَّاشِيْ وَالْمُرْتَشِيْ
Semoga laknat Allah atas pemberi suap dan penerima suap (Hadits riwayat Ibnu Majah , 2313; Shahihul Jami’, 5114.)

2. Orang yang mengerjakan amalan tanpa mengetahui ilmunya


masih dalam proses penulisan.....

Baca juga artikel terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sampaikan tanggapan anda di kolom komentar, terimakasih.