Rabu, 19 Oktober 2011

Khutbah Jum'at 14 Oktober 2011

Karakteristik Orang-orang Shaleh
Ust.H. Dede Rofieq Yunus LC

Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :

ليسوا سوآء ۗ من أهل ٱلكتب أمة قآ ئمة يتلون ءايت ٱلله ء١نآء ٱليل وهم يسجدون۝     يٶمنون بٱلله وٱليوم ٱلأخر ويأمرون بٱلمعروف وينهون عن ٱلمنكر ويسارعون فى ٱلخيرت ۗ وأولئك من ٱلصلحين۝

Artinya : ”Mereka itu tidak sama; di antara ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah, pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang).
Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh. (QS. Ali Imran : 13-14)

Sesuai ayat Al-Quran tersebut, karakteristik / ciri-ciri orang yang shaleh diantaranya ada 8, yaitu :
1.     Istiqamah berlaku lurus
Agama Islam adalah agama yang lurus (hanif) berasal dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Lurus dalam setiap amal ibadah semata-mata karena Allah dan tidak menyekutukan Allah, kemudian istiqamah / konsisten dalam hal tersebut. Sebagaimana disabdakan oleh Nabi bahwa sebaik-baik amal ibadah adalah yang rutin dan konsisten walaupun sedikit.

2.     Membaca ayat-ayat Allah
Ayat-ayat Allah ada yang berupa ayat-ayat kauniyah dan ayat-ayat qauliyah.
Ayat-ayat kauniyah yaitu berupa alam semesta dan seisinya. Jagat raya ini adalah bukti adanya Allah dan bukti kemahabesaran-Nya. Langit, bumi, triliunan bintang, panet dan benda-benda langit lainnya, manusia, hewan, tumbuhan dan lain sebagainya diciptakan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Allah yang maha menciptakan, Allah pula yang maha mengaturnya.
Ayat-ayat qauliyah yaitu Al-Qur’an. Kitab suci Al-Qur’an adalah benar-benar firman Allah, satu-satunya kitab suci yang masih terjaga keautentikan dan keasliannya sampai sekarang bahkan sampai kapanpun, karena memang Allah yang menjaganya sebagaimana firman Allah :
  إنا نحن نزلنا ٱلذكر وإنا له لحفظون۝
 ”Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya.” (QS. Al-Hijr : 9)
Al-Quran merupakan salah satu mu’jizat yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW, baik dalam hal keindahan bahasanya maupun kebenaran mutlak yang ada di dalamnya, tidak mungkin ada yang bisa menandinginya. Bahkan dengan adanya ilmu pengetahuan modern menjadi semakin terbuktilah kebenaran kisah-kisah, hukum-hukum dan ketentuan-ketentuan di dalam Al-Quran.

3.     Banyak bersujud di malam hari
Bersujud dalam arti shalat di malam hari, tahajud di sebagian malam atau di sepertiga malam terakhir. Shalat tahajud merupakan shalat sunah yang banyak keutamaannya, shalat sunah yang rutin dikerjakan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, kita sebagai ummatnya juga diperintahkan untuk mengerjakannya.
 ومن ٱليل فتهجد به ۧ نافلة لك عسى أيبعثك ربك مقاما محمدا۝
 ”Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.” (QS. AL-Isra : 79)

4.     Beriman kepada Allah
- - -
 5.     Beriman kepada hari akhir
- - -
 6.     Menyuruh kepada yang ma’ruf
- - -
 7.     Mencegah dari yang munkar
- - -
 8.     Bersegera kepada kebaikan
- - -

 
Dirangkum oleh : Sholihin
Semoga bermanfaat

Baca juga artikel terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sampaikan tanggapan anda di kolom komentar, terimakasih.